View of Bulakan Beach

Jumat, 23 Maret 2012

Kiat-Kiat Sukses Menghadapi Sidang Skripsi

Cara Mudah Kalahkan Tim Penyidang Sidang SKRIPSI

       


Bismillahirrahmaanirrahiim

    Sidang Skripsi adalah tahap akhir dari ujian skripsi, karena setelah sidang anda biasanya masih diwajibkan untuk melakukan revisi bagi yang lulus sedangkan yang gagal sudah tentu harus menulis ulang skripsi dan yang paling parah adalah penelitian kembali anda bisa bayangkan waktu dan biaya yang terbuang tapi sistematikanya tergantung Universitas juga. Oleh karena itu memang sebaiknya anda benar-benar mempersiapkan skripsi anda sebaik mungkin. Tips ini didapatkan dari berbagai sumber dan saya posting bukan berarti saya orang yang paling sukses dalam sidang justru dari kekurangan saya yang banyak saat skripsi dan saya ingin anda berhasil. 

Baca dengan Seksama kemudian "NIATKAN" itu yang lebih penting
Berikut adalah tips sidang skripsi yang umum dilaksanakan.
Pertama, Persiapkan diri Anda terlebih dahulu dengan sebaik mungkin, dengan cara :

1. Minimal kita menguasai 50% Materi Skripsi yang akan di sidang
Mengusai bukan berarti kita bisa menghafal seluruh isi Skripsi tetapi secara garis besar kita memahami. tapi, lebih baik lagi jika kita menguasai hampir 100% skripsi kita 
Pelajari mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi Anda. Pertanyaan dari penguji pasti tidak jauh-jauh dari skripsi Anda. Selama tenang, Anda pasti bisa menjawab semua pertanyaan dari mereka. Siapkan bahan pembuka sebagus mungkin yang mencakup kesimpulan isi skripsi Anda. Jangan lupa latihan di depan cermin sebelum maju.
2. Percaya Diri, Tenang dan Santai.
Tanamkan rasa percaya diri bahwa kita BISA dan para penyidang bisa balik bingung mendengar jawaban kita. Bersikaplah tenang atau jika sulit, berpura-puralah tenang atau bisa dibilang pede (percaya diri). Sadar atau tidak, ini dapat membantumu mengatasi rasa gugup serta memberikan kesan baik kepada penguji bahwa kita siap menghadapi sidang. 
3. Motivasi Ingin segera di Sidang Skripsi
Nah..udah lama nih kita kuliah, jangan tunda-tunda lagi, segera niatkan kuat-kuat aku ingin disidang dan ingin segera mencoba kemampuan para penyidang.
4. Pahami karakteristik penguji.
Tukar pengalaman dengan senior atau dosen pembimbing mengenai dosen penguji. Mereka dapat membantumu memahami jenis pertanyaan yang biasanya diajukan serta bagaimana solusi untuk mengatasinya.
5. Kemudian pelajarilah hal-hal yang berhubungan langsung dengan penelitian anda dan kuasailah baik landasan teori maupun permasalahan yang dibahas terutama mengenai pengolahan data, penyajian dan analisis data hingga kesimpulan.
6. Cukupkan istirahat, sebaiknya jangan terlalu lama begadang, toh skripsi jika anda yang menulisnya tentunya sudah anda kuasai dengan benar artinya tidak lagi harus dipelajari dengan full-time.
7. Persiapkan materi persentasi di hadapan para penguji.
Materi persentasi ideal ketika sidang adalah tidak berbelit-belit. Perhatikan perbandingan materi berupa tulisan dengan gambar atau background yang mendukung. Jangan lupa, mereka sudah memegang salinan skripsimu yang begitu tebal. Maka, tidak perlu lagi diulang dalam persentasi. Sampaikan beberapa bagian yang memang dianggap penting dan mencakup keseluruhan isi skripsi tersebut.

Kedua, Menjelang hari H, pastikan semua materi persentasimu sesuai dan alat pendukung seperti, LCD atau laptop yang digunakan, berfungsi dengan baik. 
Ada beberapa tips yang baik dilakukan pada hari H, Antara lain sebagai berikut :

1.    Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah ikhlaskan diri anda sepenuhnya untuk menerima dan menjalani ujian sidang ini.
2.    Sebelum hari sidang dilakukan, usahakan baca doa dan ayat-ayat Al Qur’an di rumah (bagi yang muslim) yaitu surat Al Kahfi, dan doa-doa terutama doa Nabi Musa Doa ini diambil dari surat Thaha (20) mulai dari ayat 25-28, Sebelum sidang di mulai beberapa menit lagi, bacalah surat Alam Nasyroh dan Al Fatihah (Insya Allah diberi kelancaran ).
3.    selama melakukan presentasi dan tanya jawab, anda harus mampu meraih 'good impression' dari penguji, disinilah sebenarnya kunci utama untuk mendapatkan perhatian dan meraih tanggapan positif diri anda yang pada akhirnya akan berimbas pada penilaian positif dari penelitian anda jadi, raihlah 'good impression' ini. justru terkadang hal-hal diluar pemahaman dan materi skripsi-lah yang mampu mendongkrak nilai anda, kalaupun terjadi kesalahan paling tidak anda hanya diminta untuk revisi dan tidak melakukan penulisan maupun penelitian ulang.
4.    Sebisa mungkin lakukan profiling terhadap dosen penguji anda, sehingga anda akan lebih siap dalam menghadapinya karena tentu masing-masing dosen penguji memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain dalam mengeksekusi peserta sidang. setidaknya anda harus tahu dosen penguji tersebut mengajar mata kuliah apa saja sehingga kita bisa memiliki gambaran dari pertanyaannya terutama pada sesi uji komprehensif.
"Good Impression" meraih kesan positif, berikut adalah beberapa hal yang jika anda lakukan maka akan menghasilkan pandangan yang positif yang akan mendongkrak penilaian anda, dan jika tidak anda lakukan maka kemungkinan anda gagal sudah didepan mata.
1.    Usahakan datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan, ambil kesempatan untuk masuk dan mengenali ruang sidang, why? hal ini penting untuk vitamin mental anda karena secara alamiah tubuh anda akan melakukan adaptasi terhadap lingkungan sidang, keuntungannya adalah mengurangi 'nervous' yang sangat mungkin akan menyerang anda dalam melakukan presentasi dan tanya jawab, sehingga dengan mental yang lebih 'comfort' maka anda tidak akan terlalu kesulitan dalam menjalani sidang.
2.    Cara paling mudah untuk mendapatkan 'first good impression' adalah dengan penampilan anda, pilihlah pakaian sesuai dengan ketentuan peraturan persidangan namun carilah yang berbahan katun karena anda akan terasa lebih nyaman, mandilah sebelum berangkat, gunakan make-up yang natural dan wajar, hindari penggunaan assesoris yang sangat mungkin mengganggu misalnya bagi wanita mengenakan perhiasan berlebihan atau memakai gelang yang dapat menimbulkan bunyi-bunyian. Jangan remehkan penampilan anda, Why? karena penampilan akan memberikan efek psikologis secara langsung kepada anda maupun orang lain.
3.    'Eye Contac' hal penting yang harus selalu anda tekankan adalah berusahalah untuk selalu memberikan jawaban dengan sesedikit mungkin membuka skripsi anda kecuali diminta oleh penguji, namun sebaiknya berusahalah menjawab tanpa membuka karena ini akan memberikan kesan bahwa anda menguasai skripsi anda, dan terus lakukan 'eye contact' setiap menjawab dan menanggapi pertanyaaan penguji, why? well, you know why. 
4.    Perhatikan Penyampaian sidang   
Pada saat penyampaian materi sidang sampaikan materi yang benar-benar kita kuasai dan pahami disisi lain pikiran dan fokus kita harus fokus pada lembar-lembar materi yang kita seminarkan. Jika sudah tersampaikan, pasang kuda-kuda siap-siap menjawab.
5.    Fokus pada PERTANYAAN PENYIDANG
Pada saat penyidang memberikan pertanyaan, fokuskan pikiran kita dan berikan jawaban secara perlahan namun pasti. jangan terburu-buru.
6.    Ikuti Saran dan Keinginan Penyidang
Ini yang kadang kita tidak sadar. Begitu penyidang menyampaikan apresiasi dan pendapatnya, SAMBUT dengan HANGAT dengan kata-kata “IYA Bapak saya akan perbaiki maklum saya kurang paham ditambah waktu yang sedikit singkat”. Mengikuti keinginan penyidang berarti anda tidak melawan ARUS dan siap menang.
7.    Apresiasikan Kata-Kata yang dapat Menghibur Penyidang
Misalkan “karena saya tidak di ajar sama Bapak jadi tidak paham”. atau “seandainya yang membimbing ditambah sama bapak pasti saya lebih paham materi”. Tapi jangan terlalu LEBAY yaa,,,hehhe 
8.     Senyum Selalu
Pada saat sidang jangan sekali-kali nangis, marah atau cemberut...
selalu memberikan senyuman, sapa penyidang dengan senyuman dan berikan sapaan hangat lewat mimik wajah yang memberikan gambaran bahwa anda orang baik pinter dan memiliki nilai plus.
9.     Jangan Berargumen Berlebihan/Berbohong
Utarakan semua kemampuan kalian dengan memberikan jawaban Jujur, Polos, tetapi lugas, jelas dan transparan jangan sekali-kali berbohong dalam memberikan jawaban atau anda akan ketauan skripsi anda hasil orang lain karena anda berbohong.
10.    Yakinkan bahwa anda bisa dan pantas Lulus
Ini yang paling penting tanamkan dan yakinkan kepada para penyidang BAHWA ternyata anda bisa dan pantas lulus BAHKAN anda LAYAK untuk memperoleh beasiswa dari LEMBAGA karena kepintaran dan kecerdasan anda yang terpendam.

Mengatasi grogi, persiapan presentasi

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah. Berikut ini saya bagikan tips mengatasi grogi dan persiapan menjelang presentasi.
Beberapa persiapan menjelang presentasi, hal-hal yang perlu dilakukan setidaknya 1hari menjelang hari H:
- cek laptop dan slide presentasi
- back up file kedalam 1 atau 2 flashdisc untuk antisipasi
- siapkan dress untuk hari presentasi
- bagi yang menjelang sidang, sholat tahajud merupakan hal yang cukup diperlukan
- istirahat yang cukup, hindari makan makanan yang pedas atau asam yang mungkin akan menjadikan sakit perut tak terduga.
Untuk mengatasi rasa grogi :
1. Mempersiapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi. Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulis atau menuju hadirin untuk berdialog.
2. Berusahalah konsentrasi dan tenang pada saat akan maju dan fokuskan pada pokok pikiran apa yang anda sampaikan, juga pada kata kuncinya. Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan apa yang anda hafalkan, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju ada sedikit saja ada yang terlupa.
3. Kuasai materi presentasi sebaik mungkin.
4. Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak. Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.
5. Yakinlah bahwa Anda tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh hadirin. Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda sampaikan. biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda sampaikan.
      ====>>>>>
6. Usahakan melewati sebelah kiri pendengar saat Anda menuju ke panggung atau tempat anda menyampaikan pidato. Ini akan menstimulasi otak kanan para pendengar sehingga lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan
7. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses.
Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa berbicara di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan. Anda tidak akan dicela dan dijauhi hanya karena penampilan anda tidak sempurna saat di depan forum. Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.
Dan lebih penting lagi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah. Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam menyampaikan pesan dan persiapan yang matang akan sangat membantu anda. Semua usaha yang kamu lakukan akan berakhir di tangan Yang Kuasa. Jika sudah memberikan yang terbaik, doa akan membantu melancarkannya. Setelah semua usaha sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah melibatkan allah SWT, sehingga jika gagal maka anda tidak akan terlalu kecewa, serahkan secara ikhlas hasil usaha anda kepada-Nya, kecuali skripsi anda mencontek, membeli secara online maka jikapun lulus hal itu tidaklah lulus di depan Allah SWT dan ini akan membebani anda dikemudian hari. Yakinlah jika anda jujur maka Tuhanpun akan menentukan yang terbaik untuk kita. Yang terakhir, “LAKUKANLAH YANG TERBAIK UNTUK KEDUA ORANG TUA KITA DAN SEMUA ORANG YANG KITA SAYANGI”

    
Semoga bermanfaat 
    
Nah..demikian tips sukses menghadapi sidang Ujian skripsi dari saya, jika ada tambahan silahkan berikan komentar.

Salam Hangat
Fadlia Musliha

7 komentar:

  1. tanks bro.. moga apa yang smua di lakukan bermanfaat buat yang lain... Amin.....

    BalasHapus
  2. duhh saya lagi pkl aja udh pusing mikirin skripsi nya apa >.<
    smoga bisa lancarr sampe lulus amiin dan makasi buat kiat-kiatnya :)

    BalasHapus
  3. ijin covas,, thx sebelumnya..

    BalasHapus
  4. makasi yaa kak tipsnya , semoga bermanfaat dan lancar... aamiin

    BalasHapus
  5. subhanalloh .. aamiinnnn

    bismillah :D

    tipsnya keren . makasih :D

    BalasHapus